Popular Post

Posted by : Unknown Minggu, 19 Juni 2016



Dampak Negatif Narkoba Bagi Perkembangan Generasi bangsa dan Perkembangan Remaja

A. Pengertian Narkoba
Narkoba sudah menjadi istilah populer di masyarakat, namun masih sedikit yang memahami arti narkoba. Sebagaimana artinya bahwa narkoba adalah singkatan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya, dalam arti luas adalah obat, bahan atau zat.
Jika masuk ke dalam tubuh baik secara oral atau di hirup maupun di suntikkan di intravena, maka Narkoba akan memberikan berpengaruh pada kerja otak atau susunan syaraf pusat. Psitropika tidak di jualbelikan , dimiliki, di simpan dan di gunakan. Apabila penggunaan dilakukan secara tidak sah berarti orang yang menggunakannya telah melanggar hukum. Narkoba menyebabkan ketergantungan dan di nyatakan sebagai bahan yang berbahaya untuk di konsumsi.
Beberapa hal yang perlu di ketahui tentang narkotika, psikotropika, dan bahan adiktif, ketiganya berasal dari bahan yang berbeda dan memiliki dampak yang berbeda, ketiganya juga kerap menjadi perdagangan terselubung yang korbanya yang tidak lain anak-anak yang belum memiliki pengetahuan mengenai narkoba.

B. Jenis-Jenis Narkoba
Banyak sekali jenis-jenis Narkoba. Narkoba tidak saja terdapat dari berbagai unsur dan komponen, akan tetapi narkoba juga mempunyai jenisnya. Adapun jenis narkoba adalah:

·         Opium
·         Morphine
·         Heroin
·         Codeine
·         Kokain
·         Amfitamine
·         Ganja



C. Beberapa Penelitian Tentang Narkoba
Penelitian yang dilakukan Yayasan Anak Cinta Bangsa (YCAB) menguak banyaknya anak di rentang usia10-13 tahun menjadi pencandu zat yang sangat bebahaya itu. Berawal dari menghisap rokok, anak dan remaja yang mempunyai rasa ingin tahu yang besar dan mencoba sesuatu yang baru maka ia akan beralih pada zat lain yang akan memberikan sensasi dan kenikmatan yang lebih, yaitu narkoba.
Tingginya penularan HIV AIDS, di antaranya di tularkan melalui jarum suntik secara bergiliran, beberapa penelitian juga menyatakan kecendrungan pencandu narkoba melakukan hubungan seks sebelum atau sesudah menggunakan narkoba, sehingga makin memperparah penyebaran HIV AIDS di Indonesia. Sebuah penelitian juga menunjukan ikatan yang kuat antara anak dan orang tua punya faktor besar dalam mencegah anak terjerat narkoba yang ada di lingkungan kita.

D. Dampak Negatif Memakai Narkoba
Penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan terlarang di kalangan generasi muda kian meningkat, maraknya penyimpangan perilaku generasi muda tersebut dapat membahayakan hidup bangsa ini di kemudian hari , karena pemuda sebagai generasi yang di harapkan menjadi penerus bangsa , semakin hari semakin rapuh karena di gerogoti narkoba zat-zat adiktif yang menghancurkan syaraf sehingga pemuda tersebut tidak dapat berfikir jernih, akibatnya generasi harapan bangsa yang tangguh dan cerdas hanya akan tinggal kenangan
Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja (pelajar) adalah sebagai berikut:

·         Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian.
·         Sering membolos , menurunya kedisiplinan dan nilai-nilai pelajaran.
·         Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah.
·         Sering menguap , mengantuk, dan malas.
·         Tidak memperdulikan kesehatan dirinya.
·         Suka mencuri untuk membeli narkoba.




E. Kesimpulan
Narkoba merupakan bahan dan obat yang sangat terlarang berdasarkan hukum setiap negara. Narkoba tidak saja merusak generasi bangsa, namun narkoba juga bisa menyebabkan kerusakan pada tubuh serta pemikiran orang yang menggunakannya. Bahaya narkoba juga narkotika telah di ketahui semua orang saat ini. Namun masih saja banyak yang masih menikmati barang haram itu. Kali ini saya menguraikan apa saja yang termasuk dalam golongan narkoba dan bahayanya, agar kita semua menghindarinya.

F. Upaya Pencegahan Narkoba
Upaya pencegahan penyebaran narkoba di kalangan pelajar sudah seharusnya menjadi tanggung jawab kita bersama, dalam hal ini semua pihak termasuk orang tua , guru, dan masyarakat harus turut berperan aktif dalam mewaspadai ancaman narkoba terhadap anak-anak kita.
Adapun upaya-upaya yang dapat kita lakukan adalah melakukan kerja sama dengan pihak yang berwenang untuk melakukan penyuluhan tentang bahaya narkoba, atau mungkin mengadakan razia mendadak secara rutin. Pihak sekolah juga harus melakukan pengawasan yang ketat terhadap gerak-gerik anak didiknya , karena biasanya penyebaran transaksi narkoba sering terjadi di sekitar lingkungan sekolah
Kemudian faktor yang terpenting itu adalah orang tua siswa itu sendiri dengan memberikan perhatian dan kasih sayang, dan memberikannya pendidikan moral dan keagamaan . Dengan berbagai upaya tersebut di atas mari kita bersama-sama menjaga generasi muda dari bahaya narkoba , sehingga harapan kita melahirkan generasi yang cerdas dan tangguh di masa yang akan datang dapat terwujud dengan baik.


Sumber:

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © fikri prawoto - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -