- Back to Home »
- Multimedia dan Pembuatan Aplikasi Multiedia
Posted by : Unknown
Selasa, 03 April 2018
Nama :
Fikri Prawoto
NPM : 14414219
Kelas : 4IB05-A
NPM : 14414219
Kelas : 4IB05-A
MULTIMEDIA
1. Pengertian
Multimedia
Multimedia adalah penggunaan
komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan
video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat
melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga
diadopsi oleh dunia game.
Pada awalnya multimedia hanya
mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks,
gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra
pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik
(gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai
memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi
yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan
film 3 dimensi membangkitkan sense realistis.
Definisi Multimedia
Multimedia terdiri dari dua kata
"multi" artinya banyak, dan "media" sesuatu
yang dipakai untuk menyampaikan atau membawakan sesuatu. Media dalam
Amerika yaitu alat untuk mendistribusikan dan mempresentasikan informasi. Multimedia dapat diartikan
sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk menggabungkan dan
menyampaikan informasi dalam bentuk text, audio, animasi dan video.
Multimedia dalam konteks komputer
menurut Hofstekter, 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan
menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang
memungkinkan pemakaian berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi.
Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan
menjadi 2 kategori, yaitu multimedia content production dan multimedia
communication dengan definisi sebagai berikut:
1. Multimedia Content
Production
Multimedia Content Production
adalah penggunaan dan pemrosesan beberapa media (teks, audio, graphics,
animation, video dan interactivity) yang berbeda untuk menyampaikan
informasi atau menghasilkan produk multimedia (music, video, film, game,
intertaintment, dll.) Atau penggunaan sejumlah teknologi yang berbeda yang
memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics, animation,
video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan komunikasi. Dalam
kategori ini media yang digunakan adalah:
- · media teks
- · media audio
- · media video
- · media animasi
- · media graph / image
- · media interactivity
- · media spesial effect
2. Multimedia
Communication
Multimedia Communication adalah
penggunaan media (massa), seperti televisi, radio, media cetak dan internet
untuk mempublikasikan / menyiarkan / mengkomunikasikan material advertising,
publicity, entertaintment, news, education, dll. Dalam kategori ini media
yang digunakan adalah:
- · TV
- · Radio
- · Film
- · Media Cetak
- · Musik
- · Game
- · Entertainment
- · Tutorial
- · ICT (Internet)
Karakteristik
Multimedia
Multimedia juga mempunyai karakteristik, yaitu
ada 2 bentuk:
1.
Bentuk Linier: Sebuah struktur multimedia dimana
pengguna bernafigasi sesuai urutan dari satu frame atau bite informasi ke yang
lainnya.
2.
Bentuk No Linier: Struktur multimedia dimana
pengguna bernafigasi secara bebas, tidak oleh rute yang ditentukan.
2. Konsep
Dasar Multimedia
Multimedia dapat diartikan
menjadi 2 yaitu multi dan media. multi yaitu banyak dan media yaitu perantara.
jadi pada intinya adalah multimedia adalah gabungan dari teks, suara, gambar,
video, dan animasi yang menghasilkan suatu hasil yang menakjubkan.
Multimedia sangat dimanfaatkan di
dunia bisnis dan kerja. Di dunia
bisnismultimedia dipakai sebagai profil perusahaan, profil produk bahkan
sebagai media promosi sebuah produk. Sedangkan di dunia pendidikan, multimedia
dipakai sebagai pengajaran di sekolah-sekolah bahkan di universitas.
3. Manfaat
Multimedia
Manfaat Multimedia Multimedia
dapat digunakan dalam: - Bidang periklanan yang efektif dan interaktif - Bidang
pendidikan dalam penyampaian bahan pengajaran secara interaktif dan dapat
mempermudah pembelajaran karena dididukung oleh berbagai aspek: suara, video,
animasi, teks, dan grafik - Bidang jaringan dan internet yang membantu dalam
pembuatan website yang menarik, informatif, dan interaktif.
4. Multimedia Dalam Pendidikan
Proses pembelajaran dan
pendidikan bagi murid maupun pengajar. Keberadaan multimedia sangat membantu dunia
pendidikan karena dapat menjadikan hal-hal yang rumit untuk dipelajari menjadi
hal yang dekat, menarik dan mudah dimengerti. Tujuan dasar penggunaan multimedia
dalam proses pembelajaran antara lain untuk menyalurkan pesan
serta dapat merangsangpiliran, perasaan, perhatian dan kemauan yang belajar sehingga secar sengaja prosesbelajar terjadi, bertujuan
dan terkendali.
Manfaat Penggunaan Multimedia Pembelajaran
Manfaat multimedia di dalam
proses pembelajaran secara umum adalah dapat menciptakan suasana
interaktif pada siswa, meningkatkan kualitas belajar, meningkatkan daya tarik,
kemauan, imajinasi siswa pada mata pelajaran yang rumit, dan proses pemahaman
serta pendalaman materi menjadi lebih cepat dan efektif.
Berikut adalah faktor-faktor keunggulan
multimedia sebagai alat pembelajaran:
·
Dapat menampilkan secara visual baik dalam
bentuk gambar atau animasi sebuah zat atau objek yang sangat kecil dan tidak
mungkin dilihat dengan mata telanjang seperti bentuk ion, molekul, mikro
organisme, sel dan lain-lain.
·
Dapat menampilkan secara visual dan audio dalam
bentuk animasi, gambar atau video sebuah objek yang besar dan jauh seperti
hewan buas, bentuk permukaan bumi (gunung, sungai dan lain-lain) dan benda luar
angkasa (planet, satelit).
·
Dapat menyajikan berbagai simulasi yang rumit
dalam bidang ilmu pengetahuan dan bidang teknik yang apabila disimulasikan ke
dunia nyata cukup mahal.
Karakteristik dan Fungsi Multimedia Pembelajaran
Karakteristik multimedia pembelajaran adalah:
·
Memiliki lebih dari satu
elemen multimedia yang konvergen, misalnya menggabungkan elemen teks,
grafik dan audio.
·
Bersifat interaktif, dalam pengertian memiliki kemampuan untukmengakomodasi
respon pengguna.
·
Bersifat mandiri, dalam pengertian memberi kemudahan dan kelengkapanisi sedemikian rupa
sehingga pengguna bisa menggunakan tanpa bimbingan
orang lain.
Selain memenuhi ketiga karakteristik tersebut, multimedia pembelajaran sebaiknya memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut:
·
Mampu merangsang respon siswa agar
lebih kuat, cepat dan cerdas.
·
Mampu memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengontrol lajukecepatan belajarnya sendiri. Memperhatikan
bahwa siswa mengikuti suatu urutan yang koheren dan
terkendalikan.
·
Mampu memberikan kesempatan pada
siswa untuk memberikan respon baik berupa jawaban, pemilihan, keputusan,
percobaan dan lain-lain.Dengan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan,
menarik dan imajinatif maka siswa akan lebih mudah mengerti, mengingat dan
memahami pelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa siswa akan lebih cepat dalam
menerima materi apabila tercipta suasana yang menyenangkan karena suatu yang
menyenangkan akan selalu diingat dan disimpan di memori seseorang.
Fungsi Element Multimedia dalam Dunia Pendidikan
·
Teks Bentuk teks sangat efektif untuk menyampaikan
informasi dan pengetahuan secara verbal, merangsang daya kognitif. Biasanya
teks dikombinasikan dengan gambar membentuk suatu tutorial. Tutorial memberikan
materi selayaknya guru atau dosen yang berisikan materi, konsep dan
pertanyaan-pertanyaan yang relevan.
·
Audio sangat baik dalam memberikan motivasi dan
materi yang bersifat mendidik. Pada dasarnya siswa cenderung lebih cepat
menerima pelajaran dari bentuk suara dibanding bacaan. Audio
sangat efektif untuk memancing perhatian, menumbuhkan daya imajinasi dan
menambah atau membentuk suasana jadi hidup.
·
Bentuk gambar dan grafik lebih mudah dalam
mengklasifikasi danmengidentifikasi objek. Gambar membantu
menjelaskan konsep abstrak menjadi konkret.
·
Dengan bentuk animasi, siswa dalam belajar materi yang rumit menjadi
lebih mudah dipahami dan dibayangkan. Animasi biasa berbentuk simulasi,
eksperiment atau prosedur. Dengan animasi, siswa mudah mengerti dan memahami
suatu proses yang sulit diterjemahkan oleh teks dan gambar seperti proses
pembelahan sel, proses kimiawi dan lain-lainnya.
·
Melalui video, siswa mampu
mempelajari keadaan riel dari suatu proses, fenomena atau kejadian.
Siswa dapat melakukan replay pada bagian-bagian tertentu
untuk melihat gambaran yang lebih fokus. Hal ini sulit diwujudkan bila video
disampaikan melalui media seperti televisi. Video mampu menunjukkan dengan
jelas suatu langkah prosedural (misal cara melukis suatu segitiga sama sisi
dengan bantuan jangka).
5.
Multimedia Untuk Aplikasi Umum
Aplikasi
Multimedia dalam berbagai bidang diantaranya :
- · Aplikasi Multimedia untuk keunggulan bersaing di perusahaan
Aplikasi multimedia perusahaan
di berbagai bidang antara lain sumber
daya manusia, produksi/operasi, akuntansi dan keuangan, sistem
informasi dan pemasaran.
- · Aplikasi pada Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
Multimedia merupakan media pelatihan yang
baik dan menarik yang dikenal dengan istilah Computer Based
Training (CBT). Misalnya peusahaan IntallShield membuat
perangkat lunak multimedia yang khususkan untuk training. Aplikasi yang lain
misalnya rekrutmen karyawan, seperti yang dilakukan oleh L’OREAL.
- · Aplikasi dalam Bidang Produksi
Penggunaan aplikasi ini digunakan untuk
merancang dan merakayasa suatu produk misalnya alat-alat elektronik dan mesin
bahkan dapat pula digunakan untuk memonitor dan mengontrol proses produksi dan
berkembang menuju ke sistem manufaktur terintegrasi berbasisi multimedia.
- · Aplikasi dalam Bidang Pelayanan Keuangan
Bidangn pelayanan keuangan meliputi pelayanan
keuangan personal, pajak, perencanaan keuangan, sumber pinjaman dan perbankan.
Contohnya adalah situs SmartMoney.com.
- · Aplikasi dalam Bidang Sistem Informasi
Aplikasi dalam bidang ini misalnya aplikasi Sistem Informasi Akuntansi
(SIA), aplikasi Sistem Informasi Manajemen (SIM), aplikasi Decision
Support System (DSS), dan aplikasi Executive Information System (EIS).
- · Aplikasi Otomatisasi Kantor
Dua aplikasi yang digunakan untuk area
otomatisasi kantor yaitu workgroup computing yang memungkinkan beberapa orang
untuk memakai komputer yang sama pada saat bersamaan pula. Peserta diskusi
melihat tampilan bersama yang meliputi rangkaian media lengkap, termasuk
fotigrafi dan video bergerak. Aplikasi yang kedua adalah Desktop Video
Conferencing yang memungkinkan peserta melakukan konferensi video sambil duduk
di meja masing-masing dengan menggunakan layar CP atau televisi yang
tehubung.
- · Aplikasi dalam Bidang Pemasaran
Penerapan multimedia dalam bidang ini tertuju
kepada aktivitas pemasaran, khususnya aktivitas promosi yang meliputi
periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, public realtion dan
penjualan langsung termasuk penjualan melalui jaringan internet.
Contoh dari aplikasi ini adalah:
o Periklanan televisi
o Interactive Multimedia Merchandising (cara perusahaan untuk menjangkau dan melayani
pelanggan)
o Merchandising Kiosk
o Video Kiosk
o Virtual Shopping
o Comparison Shopping
o Mass Market Application
- · Aplikasi Multimedia di Bidang Travel
Apliaksi berbasis Web digunakan sebagai
penerapan layanan perjalanan yang di dalamnya termasuk informasi biaya
perjalanan, travel news, fitur paket liburan, dan pemesanan online untuk
lodging dan transportasi melalui darat, laut dan udara.
- · Aplikasi Multimedia dalam Bidang Real Estate
Multimedia komputer memungkinkan pembeli
mengunjungi ratusan properti lewat dunia maya, melihat foto rumah on-screen,
memeriksa perencanaan lantai, melihat peta jalan, dan mempelajari demografi
sekeliling rumah.
- · Aplikasi Multimedia dalam Bidang Kesehatan
Dalam bidang kesehatan multimedia dapat
mendukung pelayanan fasilitas sistem kesehatan ilmu kesehatan kantor pendidikan
medis perpustakaan ilmu kesehatan fotografi medis serta pelayanan produksi
medis.
- · Aplikasi Multimedia dalam Bidang Hiburan
Dalam bidang hiburan multimedia digunakan
dalam film, musik, radio interaktif, televisi interaktif, game elektronik.
- · Aplikasi Multimedia dalam Bidang Publishing
Banyak informasi yang dapat
dipublikasikan secara elektronik melalui
dokumentasi elektronik misalnya penyajian buku yang setiap materinya
dapat terdiri dari grafik, animasi, audio dan video.
- · Aplikasi Multimedia dalam Bidang Pendidikan
Aplikasi multimedia pendidikan antara lain
sebagai perangkat lunak pengajaran, memberikan fasilitas untuk mahasiswa atau
siswa untuk belajar mengambil keuntungan dari multimedia, belajar jarak jauh
dan pemasaran pendidikan.
- · Aplikasi Multimedia dalam Pemerintahan
Aplikasi multimedia yang paling menonjol
dalam bidang kepemerintahan adalah E-Government, Profil Departemen dan Kios
Informasi tentang Kota.
- · Presentasi bisnis
Multimedia digunakan sebagai media komunikasi
yang efektif untuk menyajikan atau memasarkan produk/servis ataupun gagasan ke
audien.
- · Pelatihan berbasis komputer (CBD/Computer Based Training)
Multimedia digunakan untuk mempermudah
pembelajaran tentang pengetahuan yang menuntut penyajian visual. Contoh, CBT
digunakan untuk menunjukkan cara membersihkan dan menguji busi. Dengan cara
seperti ini, tidak hanya tata cara membesihkan busi yang dapat
divisualisasikan, tetapi bunyi percikan api ketika busi dites juga
diperdengarkan.
- · Kios interaktif
Kios adalah tempat informasi yang biasa dijumpai
pada tempat-tempat umum (misalnya mall atau universitas). Pemakai dapat
berinteraksi dengan layar sentuh untuk mempermudah dalam mencari informasi.
- · Telekonferensi
Multimedia digunakan untuk bertemu muka dan
bercakap-cakap melalui kamera kecil yang dihubungkan kemasing-masing komputer
pemakai.
6. Internet Based
Internet merupakan singkatan dari interconnected computer
networksatau bisa didefinisikan sebagai jaringan komputer yang tiada batas
yang menjadi penghubung pengguna komputer satu dengan pengguna komputer yang
lainnya serta dapat berhubungan komputer di sebuah wilayah ke wilayah di
penjuru dunia, dimana di dalam jaringan tersebut mempunyai berbagai macam
informasi serta fasilitas layanan internet browsing atau surfing. Istilah ini
lebih dikenal dengan online di internet. Secara harfiah internet ialah sistem
golobal dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan
standar internet protocol suite (TCP/IP) untuk melayani milyaran pengguna di
seluruh dunia.
Pengertian
internet menurut para ahli :
·
Lani
Sidharta, menyatakan bahwa internet adalah suatu interkoneksi sebuah jaringan
komputer yang memberikan layanan informasi secara lengkap, dan terbukti bahwa
internet dilihat sebagai media maya yang dapat menjadi rekan bisnis, politik,
sampai hiburan. Semuanya tersaji lengkap didalam media ini.
·
Khoe
Yao Tung menyatakan bahwa internet adalah jaringan yang satelit komunikasi yang
fungsinya sangat beragam dan tentu merupakan pendukung internet di seluruh
dunia.
Internet memiliki sejarah yang panjang dari awalh ditemukannya sampai
saat ini. Sejak ditemukan skitar tahun 1969, internet mengalami banyak pengembangan
dan perbaikan hingga akhirnya bisa seperti saat ini. Internet juga memiliki
suatu sistem yang menghubungkan antara komputer satu dengan komputer yang
lainnya yang masing-masing terpisah oleh suatu jarak dan harus berinteraksi
baik secara synchronous maupun asynchronous.
o Synchronous adalah suatu sistem dimana
interaksi atara komponen-komponen yang saling berhubungan, dapat terjadi secara
bersamaan datau real time.
o Asynchronous adalah proses interaksi yang
tidak terjadi dalam waktu yang bersamaan.
Internet Based adalah suatu sistem atau proses yang menghubungkan
penguna internet dengan berbagai macam sumber pengetahuan yang saling
berinteraksi baik secara synchronous maupun asynchronous berbasis teknologi
informasi dengan antarmuka web. Mungkin agak sedikit rancu tentang kata web,
coba saya jelaskan sedikit tentang web.
Web adalah sebuah penyebaran informasi melalui internet. Sebenarnya
antara www (world wide web) dengan web adalah sama karena kebanyakan orang
menyingkat www mencadi web saja. Web merupakan hal yang tidak dapat dipisahkan
dari dunia internet. Melalui web, setiap pemakai internet bisa mengakses
informasi-informasi di situs web yang tidak hanya berupa keks, tetapi juga
dapat berupa gambar, suara, filem, animasi dan lain-lain. Web merupakan
kumpulan-kumpulan dokumen yang banyak tersebar di beberapa komputer server yang
berada diseluruh penjuru dunia dan terhubung menjadi satu jaringan melalui
jaringan yang disebut internet.
Perangkat
(Media) Pembuatan Aplikasi Multimedia
Perangkat (Media) Pembuatan
Aplikasi Multimedia yaitu suatu perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak
(software) yang berfungsi untuk menyiarkan atau membuat aplikasi yang bertujuan
untuk mempermudah dalam pengoprasian aplikasi komputer
macam-macam multimedia tersebut adalah:
1. Perangkat keras
Perangkat keras
komputer adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang
berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang
menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.
2. Video board
Pengertian video card (yang dalam
bahasa indonesia disebut kartu video atau dikenal sebagi kartu
layar, kartu grafis atau adaptor grafis) menurut wikipedia
bahasa inggris adalah sebuah kartu ekspansi yang berfungsi untuk
menghasilkan output gambar yang di layar. Berbagai fungsi yang ditawarkan oleh
kartu grafis kebanyakan seperti rendering percepatan adegan 3D dan grafis 2D,
TV output, MPEG-2/MPEG-4 decoding, atau kemampuan untuk menghubungkan beberapa
monitor (multi monitor). Mungkin kamu pernah mendengar yang mengatakan
bahwa kartu grafis sama dengan VGA, padahal VGA itu merupakan
salah satu komponen yang ada pada kartu grafis.
3. Sound card
Kartu suara (Sound Card)
adalah suatu perangkat keras komputer yang
digunakan untuk mengeluarkan suara dan merekam
suara. Pada awalnya, Sound Card hanyalah sebagai pelengkap dari komputer. Namun sekarang, sound card adalah
perangkat wajib di setiap komputer.
·
Sound
Card Onboard adalah sound card yang menempel langsung pada motherboard
komputer.
·
Sound
Card Offboard adalah sound card yang pemasangannya di slot ISA/PCI pada
motherboard. Rata-rata, sekarang sudah menggunakan PCI.
·
Soundcard
External adalah sound card yang penggunaannya disambungkan ke komputer melalui
port eksternal, seperti USB atau FireWire.
4. CD-ROM Drive
CD-ROM merupakan akronim
dari “compact disc read-only memory” adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan
optik (optical disc) yang dapat menyimpan data. Ukuran data yang
dapat disimpan saat ini bisa mencapai 700MB atau 700 juta bita CD-ROM
drive hanya bisa digunakan untuk membaca sebuah CD saja. Secara gari besar
CD-ROM dibedakan menjadi 2 menurut tipenya yaitu: ATA/IDE dan SCSI. Yang paling
mendasari dari perbedaan tersebut adalah kecepatannya. Kalau ATA memiliki
kecepatan 100-133Mbps sedangkan SCSI memiliki kecepatan kira-kira 150 Mbps.
Untuk tipe SCSI biasanya ditemuka pada CR RW drive. Pada CD ROM terdapat
tulisan 56X artinya kemampuan memberikan kecepatan transfer data sebesar 56
x150 Kbps. Tipe CD RW juga biasanya dibedakan berdasarkan kemapuan
membakar dan membaca. CD RW tipe 12x8x32 artinya memiliki kemampuan membakar
pada CD R seccepat 12x, membakar pada CD RW secepat 8x, dan membaca CD R/CD
RW/dengan kecepatan maksimal 32x.
5. Scanner
Scanner atau
Pemindai merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk
maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil
pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.
6. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat Lunak Sistem adalah
perangkat lunak atau software yang berhubungan langsung dengan komponen
perangkat keras komputer (Hardware), perawatan, maupun pemrogramannya.
7. Video streaming
Video Streaming adalah sebuah
komunikasi yang dilakukan melalui broadcast akses internet untuk menghasilkan
sebuah gambar, video streaming bukan hal yang baru bagi kita di tanah air
(Indonesia), sejak munculnya 3G (Generasi ke Tiga) pada sebuah telephone
seluler video streaming bagaikan jamur bertumbuhan dimana-mana, hingga
kepelosok tanah air.
8. VOIP
Voice over Internet
Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet
telephonyatau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan
percakapan suara jarak jauh
melalui media internet. Data suara diubah
menjadi kode digital dan dialirkan
melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa.
9. Video
VOIP
Video profesional over IP sistem menggunakan beberapa codec video
standar yang ada untuk mengurangi materi program ke bitstream (misalnya, aliran
transportasi MPEG), dan kemudian menggunakan Internet Protocol (IP) jaringan
untuk membawa bahwa bitstream dikemas dalam aliran paket IP . Hal ini biasanya
dilakukan dengan menggunakan beberapa varian dari protokol RTP. Tercatat video
profesional melalui jaringan IP memiliki tantangan khusus dibandingkan dengan
sebagian besar lalu lintas IP non-waktu-kritis. Banyak masalah ini mirip dengan
yang ditemukan pada voice over IP, tetapi untuk tingkat yang lebih tinggi dari
persyaratan teknik. Secara khusus, ada kualitas yang sangat ketat persyaratan
layanan yang harus dipenuhi untuk digunakan dalam lingkungan siaran profesional.
10. Encoder
Encoder adalah rangkaian
yang berfungsi untuk mengkodekan data input menjadi data bilangan dengan format
tertentu Encoder dalam rangkaian digital adalah rangkaian kombinasi
gerbang digital yang memiliki input banyak dalam bentuk line input dan memiliki
output sedikit dalam format bilangan biner. Encoder akan mengkodekan
setiap jalur input yang aktif menjadi kode bilangan biner. Dalam teori digital
banyak ditemukan istilah Encoder seperti “Desimal to BCDEncoder” yang
berarti rangkaian digital yang berfungsi untuk mengkodekan line input dengan
jumlah line input desimal (0-9) menjadi kode bilangan biner 4-bit BCD (Binary Coded Decimal).
Atau “8 line to 3 line Encoder” yang berarti
rangkaian Encoder dengan input 8 line dan output 3 line (3 bit BCD).
11. MPEG 4
MPEG-4, diperkenalkan pada
akhir 1998, adalah sebuah nama dari sebuah
grup koding standar audio dan video dan teknologi yang berhubungan yang disetujui oleh
Moving Picture Experts Group (MPEG) ISO/IEC. Kegunaan utama bagi
standar MPEG-4 adalah internet (streaming media) dan CD, videophone, dan televisi broadcast.
Sumber :